Langsung ke konten utama

[REVIEW] TEORI BTS RUN MV - PART 1




Dengan ini saya memutuskan untuk mereview MV RUN BTS, yang memang dirasa cukup menggangu kehidupan sehari-hari dan dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan otak bila tidak segera ditangani oleh spesialis kejiwaan. Dengan ini saya resmi menyatakan review MV BTS DIMULAI!



MV RUN BTS ini dibuka oleh V yang berdiri di suatu tempat, gelap hitam, dengan tema mirror yang pas V jatuh ke belakang tiba-tiba jadi air. 
 
Byaaarrrr!!!


Air! Itu V berdiri di air? Itu tempat apa? Itu mimpi?

Eh tunggu, air! Iya AIR! Inget dong di prologue, si V terjun ke laut setelah usap ingus. Iya bener, jadi ini ada hubungannya? Bisa jadi, cuma yang di MV kaya lebih dari sudut pandang orang sakau gitu. Gak jelas itu tempat apa. Mungkin itu delulu atau semacam bayangan seseorang yang lagi coba bunuh diri terjun ke air.

Mau gak mau pasti mikir pembukaan MV ini kelanjutan dari prologue yang notabene V main terjun-terjun aja ke laut. Ga tau kenapa, tapi emang feelnya kaya gitu.



Kalo kita pikir lagi berdasarkan MV I NEED U, mereka bertujuh ini terikat dalam suatu pertemanan yang agak kurang beruntung. Coba liat itu di MV I NEED U mereka berasa GGS (Ganteng Galau Stres), itu isinya cowok cakep yang galau sampe kebawa stress dan akhirnya coba bunuh diri. Coba ulas lagi ya, di MV I NEED U Jimin nenggelamin diri ke dalam bathup, Suga bakar diri di kamar, Jungkook (kayanya) ketabrak mobil, JHope kolap dijembatan. Kalau dilihat dari MV I NEED U emang harusnya Rapmonster, V sama Jin gak bunuh diri –baca mati –karena masalah Rapmonster cuma lollipop yang jatuh, Jin ga jelas dia ngapain dan V bunuh orang.

Dan terjawab di prologue, V telepon seseorang (yang menurut aku itu Jin) sambil nangis minta ketemu sama temen-temennya –baca mereka yang bunuh diri. Entah apa hubungan V sama Jin, yang pasti V minta tolong ke Jin buat ketemu temen-temennya yang udah mati. Sedih.

Dan terjawab di MV RUN, Rapmonster gak mati soalnya ada part dimana Rapmonster bikin teh di campur sama lollipop, sebenernya agak gak paham ada hubungan apa Rapmonster sama lollipop, mungkin dengan rajin makan lollipop bikin ngerapnya makin jago. Mungkin.

Visualnya berasa gambarin kalau Rapmonster tinggal sendiri, di rumah kumuh, kesepian karena temen-temennya udah gak ada lagi.



Di part itu Rapmonster lagi jalan sendirian, dan tempat itu tempat biasa gengnya kumpul sewaktu mereka masih hidup. Di MV I NEED U juga ada kan, scene dimana mereka bertujuh main-main di tempat itu. Itu kereta bukan sih, iya kereta kayanya, harusnya kereta sih. Well, sekarang Rapmonster cuma sendirian.

Disana Rapmonster bernostalgia, mereka lagi party-party dulu. Pas lagi galau, mereka juga stress, tapi mereka bisa seneng kalo lagi bareng-bareng.



Jhope pake kursi roda, soalnya dia punya penyakit entah apapun itu, yang mengharuskan Jhope buat terus-terusan konsumsi obat dan Jhope juga sering keluar-masuk rumah sakit buat dirawat. Iya gitu, harusnya sih gitu. Dan tetep, mungkin Jin emang seksi dokumentasi jadi Jin bawa handicam. Atau emang dari awal Jin udah ngerekam mereka buat V nantinya, V adik kesayangannya.



Sebenernya buat tau siapa aja yang mati sih gampang, caranya liat aja di handicam Jin. Liat siapa aja yang ketangkep camera. Atau camera itu gak pernah ada karena ternyata Jin yang mati. Soalnya banyak teori yang bilang kalau Jin itu sebenernya udah mati, dan member lainnya galau sedih kehilangan Jin. Well, semoga berdoa aja semoga Bighit menjawab semua keraguan ini di MV berikutnya. Jujur aja, berharap butterfly ada MVnya. AMIN!

Oke, tapi aku yakin ada suatu hubungan special antara Jin sama V. Anggep aja Jin sama V itu kakak adik, iya coba aja mikir gitu. Saking deketnya mereka, V suka banget ngebully Jin –in a good way. Dari coret-coret Jin pake pilox, niup menara kartu Jin biar jatuh. Dan Jin semacam hyung yang ga bisa ngelakuin apa-apa ke adeknya. Terlalu sayang, mungkin, harusnya sih gitu. 




Nah, masalahnya disini V belum mati. V Cuma terjun bebas di laut setelah dia menyesal udah ngebunuh orang. Masih belum kejawab gimana nasib V, apa dia bener-bener mati tenggelam atau koma. Soalnya langsung kepikiran, visualisasi dari pembukaan MV RUN dimana V terjun di tempat gelap, dan beberapa potongan V lagi tenggelam cakep di dalam air itu menggambarkan kalau V itu lagi koma. V masih berjuang memilih untuk hidup atau mati. 

Coba lihat di menit 01.38 MV RUN, pas setelah V ngerusak menara kartu Jin, Jin langsung pasang muka kaget terus muncul bayangan V yang lagi tenggelam cakep di dalam air. 




Terus berlanjut ingatan-ingatan pas mereka bertujuh lagi lari-lari. Bikin Jin inget, kalau V itu kangen sama temen-temennya. Jin juga inget kalau V bilang ke dia, nelpon sambil nangis-nangis, tangan penuh darah ayam, bilang kalau dia pengen ketemu sama temen-temennya. Namun apa daya, mereka hidup di alam yang berbeda, tapi Jin berusaha buat bikin mereka bersatu dan bisa bareng lagi. 

Tapi di menit 02:55-02:58, kita disuguhi menara kartu yang jatuh dan Jin yang ngelihat heran sama menara kartu yang rubuh itu. Jin berasa yang, “Anjir, gak ada orang, gak ada angin, kartunya roboh!” tanpa bener-bener tau kalau ada V yang sebenernya bikin kartu itu jatuh. Hiks. Serem. Arwah koma V jalan-jalan kemana-mana! Meeen!




Selama V masih koma, Jin masih berusaha buat mempersatukan mereka lagi, dan Rapmonster yang asik bernostalgia. MV tetaplah MV, dimana mereka harus tetep kelihatan cakep dari ujung rambut sampe ujung kaki. Gak bisa dipungkiri, Jin berasa kembali 5 tahun lebih muda di MV ini, V Subhanallah gantengnya! Apalagi di part dia sama Rapmonster ketangkep polisi karena coret-coret tembok pake pilox. Tatapan sama senyum V, terlalu penuh cinta. Sedangkan yang dilihat itu RAPMONSTER! 



Tatapan sama senyum V itu berasa, “Gapapa sayang kita ketangkep, yang penting kita bisa terus bareng, dan yang paling penting, kau cantik hari ini!”

Tolong ya Bighit, segera debut in V jadi actor. Actingnya bagus bapak! Itu juga si Jungkook, segera debut jadi actor dong. Minimal dapet peran yang ga penting dulu lah, yang muka mereka gak bakal ada di poster drama. Tapi mereka penyumbang penonton yang banyak gitu. Iyalah hallo, this is BTS broh!

Lalu, kita lanjut ke teori-teori yang mana yang hidup yang mana yang mati. Sebenernya terjadi perebutan disini, Jin yang pengen ngebahagiain adiknya yang lagi koma, golongan mati yang pengen ngajak V gabung sama mereka, dan Rapmonster yang terus galau selagi bernostalgia sendiri tentang teman-temannya. 

Rapmomster yang terus bareng V, seakan pengen menyadarkan V kalau gak seharusnya V mati sia-sia, pake terjun ke laut segala. Rapmonster mau bikin V ngerti, kalau hidup ini harus terus jalan, terus lari, apa yang terjadi terjadilah. Maka, ketangkep polisipun gak jadi masalah. Yang penting V tetep cakep, selesai sudah masalahnya.

Sedangkan Jhope, yang udah sering keluar masuk rumah sakit, yang terus-terusan ngobat. Dan ini agak rancu, dia minum obat karena sakit atau dia sakit karena ngobat. Biar Jimin yang mengatasi, karena emang Jimin yang nemenin Jhope. Mungkin juga Jimin yang gotong Jhope pas dia pingsan di jembatan, sendirian, gak ada yang nolong. Siapa lagi kalau bukan Park Jimin? Dan gimanapun juga Jhope kangen sama temen-temennya, bantal rumah sakit yang dingin nan bau gak sebanding sama bantal yang sarungnya udah lapuk dan kalo dipukulin ke orang isinya keluar semua.



Dan selagi Rapmonster terus bernostalgia, dia nemu kartu AS dengn bentuk butterfly. Yang mungkin itu hint dari Bighit buat MV selanjutnya *BUTTERFLY PLEASE*.



Dari teaser RUN di upload beberapa hari lalu, scene Suga Jungkook adu bogem jadi perhatian khusus. Tapi yakin mereka bertengkar? Yakin? YAKIN?

Mereka tengkar karena apa? 

Jungkook mencoba menyadarkan Suga kalo mereka itu udah mati. Tapi Suga yang awalnya cuma iseng bakar kamar gak terima, orang cuman iseng kok mati beneran. Jadi mereka tengkar karena itu, berusaha meyakinkan masing-masing tentang status mereka. Jungkook bilang mereka udah jadi arwah ganteng yang penasaran, sedangkan Suga masih percaya kalau dia manusia. Tapi bener mereka tengkar?

 
INI MAH BROMANCE KALIK!!!

KKKK… 

Iya acting mereka keren kok. Tapi kenapa sih aku mikirnya mereka lagi ketawa peluk-pelukan terlalu mesra sampe bikin merinding jeles? Scene itu mereka lebih keliatan ketawa bahagia daripada marah. Hahaha!!!

Buakakakakakaka!

Selagi mereka tengkar! Jungkook sadar, kalau dia kesepian juga soalnya geng Ganteng Galau Stres gak bisa kumpul kaya dulu lagi. Gak seru!


Karena pesta, minum sirup di gelas kertas, perang bantal, itu cuma kenangan. Salah siapa bunuh diri? 

Gak bisa dipungkiri mereka semua pengen balik bareng-bareng kaya dulu. Gitu juga Jimin, yang udah capek-capek gotong Jhope pingsan di jembatan dan bawa dia ke rumah sakit. Jimin mendapatkan kembali kenangannya di tempat dia menghembuskan nafas terakhir. Kamar mandi!

Jin yang ngajak mereka semua datang kesana, dengan tujuan harusnya Jimin gak pernah bunuh diri nenggelamin diri di bathup, karena mereka dengan senang hati nenggelamin si Jimin. Kkkk. Disini Jin berusaha bikin V kembali ketemu sama temen-temennya, tanpa Jin sadar kalau dunia mereka itu udah beda. 

Kesannya disini emang Jungkook satu-satunya yang pengen nyadarin semuaya. Pengen bikin semua kembali ke jalan masing-masing. Pengen Jin berhenti berkhayal tentang keadaan mereka. di MV juga ada part dimana pas mereka ada di taman –atau apa itu –Jungkook yang ngeliat serius ke Jin, yang tiba-tiba Cuma mereka berdua yang ada disana. Jungkook berasa bilang, “Udah dong hyung berhenti ngayal. Bentar lagi yang terakhir ya!”  

Sampe Jin ngajakin mereka semua jalan pake mobilnya. Iya dalam kehidupan nyata Jin emang udah punya license, dan Jungkook juga butuh Jin buat nganter dia sekolah kalo manager lagi gak bisa. Ini berasa, oke ini yang terakhir ya!

Gak tau dapet ide darimana, Jin main malangin mobilnya di terowongan. Bikin macet. KZL. 




Jadi pengendara yang lain marah bukan karena gengs GGS yang corat-coret, naik-naik, numpahin air ke mobil mereka. Tapi ya karena Jin yang seenak jidat malangin mobil di tengah jalan bikin macet. Kenyataannya, gengs GGS yang lain cuma arwah, atau bisa dibilang Cuma khayalan Jin. Jadi yang bisa liat mereka ya cumin Jin. Kasihan.



Ini sumpah Jungkook udah gede ya! Iya Jungkook keren, badboy detected gitu. Tapi apa itu V? What with that face?




Sampai akhirnya, setelah Jin bawa mereka ngebut. Terus sampailah pada moment dimana gengs kecuali Jin, pamitan sama Jin. Berusaha bilang kalau mereka itu hidup di dunia yang beda. Kalau mereka itu sebenernya gak ada dan cuma ada dikhayalan Jin aja. Jin cuma berkhayal buat nyenengin adiknya si V yang lagi koma. 

Iya, Jungkook yang liat kearah Jin yang ada di dalam mobil, seharusnya mereka gak kaya gini sekarang. Seharusnya mereka hidup di dunia masing-masing. Semua ini cuma ada di isi kepala Jin. Disini Jungkook nagih janjinya, ini yang terakhir. Dan Jungkook pamitan dengan cakep, noleh senyum kampret kaya gitu. Yah! Mereka gak seharusnya kaya gini terus.


Lalu di ending, ada scene dimana V bangkit dari kolam hitam itu. Ini seakan gambarin kalau V itu sadar dari komanya. Setelah perjuangan Jin berkhayal dan berusaha berkomunikasi dengan mereka yang udah gak ada, Alhamdulillah V sadar.

Ya paling enggak itu yang ada dipikiran pas nonton MV RUN ini. Sampe tiba-tiba ada scene Jimin bakar foto, yang di moment ada Jinnya tapi di foto Jin nya ilang! KAN KAMPRET ITU APA NGERUSAK TEORI YANG UDAH DIBANGUN SEJAK PROLOGUE KELUAR. UDAH DISAMBUNGIN KE I NEED U JUGA. KAN KAMPRET KALAU KAYA GINI! RASANYA PENGEN NGAFALIN SEMUA ISI KUHP!


Sumpah ini ngeselin banget. Bener-bener ngerusak teori-teori yang udah dibangun! Bener-bener yang, ini apaan sih? Udah terlanjur percaya kalau Jin itu yang nyata dan yang lain cuma bagian dari delusionalnya Jin. Apalagi di prologue kan…



Suga gak keliatan di camera bapak! Terus itu kenapa di MV RUN jadi Jin yang gak nampak?

Ah!

Mungkin, ini masalah sudut pandang.

Jadi, didunia nyata yang mana ini dunia Jin, dia gak bakal bisa ngeliat orang-orang khayalan yang ada di foto. Begitu juga sebaliknya, di dunia khayal mereka gak bisa ngeliat orang nyata yang ada dalam foto. Berhubung Jimin bagian dari delulu, makanya dia gak bisa liat Jin di foto yang notabene Jin berasal dari dunia nyata. 

Yeah!

Teori terakhir kesannya maksa! Soalnya udah terlanjur percaya kalau Jin itu yang hidup dan nyata sih.

Yah meskipun beberapa teori bilang kalau Jin itu sebenernya yang mati, dan emang itu lebih masuk akal, tapi aku udah terlanjur percaya kalau Jin yang membuat mereka ada di dunia khayalnya sendiri buat nyenengin adiknya si V.

Oke sekian! Semoga Bighit menjawab keraguan ini di prologue atau MV berikutnya.
Dan review beserta teori busuk bakal di lanjut di part 2... XOXO 


Komentar

  1. Gue belum baca teori Jin yang mati. Dan setelah gue baca teori lu gue percaya Jin yang Masih Hidup

    BalasHapus
  2. min.. di mv I NEED U original ver rap monster juga mati.. yg tersisa cuma jin dan v.. perhatiin deh di menit 04:45 pas rap monster jatuhin lolipopnya di pom bensin.. di situ yang jatuh ke lantai (di atas uang) bukan lolipop tapi rokok.. mungkin harusnya yang di hisap oleh rapmon itu rokok cuma dia kan ga ngerokok jadi diganti sama permen lolipop

    BalasHapus
  3. menurutku scene kartu jatuh itu bukan 2 scene yang berbeda . jadi pas jin bangun rumah kartu itu dan tiba2 jatuh , itu bukan V yang jatuhin , hanya saja jin kaget waktu itu v juga pernah jatuhin rumah kartunya kayak sekarang yang tiba2 rumah kartunya jatuh. makanya dia melongo ke kamera ..

    dan juga menurutku ini bukan tentang jin yang mencoba membantu v tapi tentang jin dan v sbg 2 orang yang belum meninggal flashback sama temen2 nya , tapi duh aku juga gaktau.. aku penasaran sama urutan meninggalnya mereka:(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BTS (Bangtan Boys) GOES KKN

BTS GOES KKN Cast: BTS member Genre: Humor, friendship, family Lenght: Chapter Summary: Dapatkah kita merindukan masa-masa KKN (Kuliah Kerja Nyata) ??? Jungkook's Love Story Jungkook - IU “HEH KOOKIE BAWAIN BERASNYA!” Jimin teriak-teriak, Jungkook yang lagi enak-enak liatin rak permen jadi langsung jalan aja nyamperin Jimin. Sumpah sekarang Jimin kaya mak-mak, teriak-teriak merintah-merintah seenaknya. Tapi Jungkook gak masalah sih, Jimin punya banyak duit soalnya. “Opo maneh mas?” Jungkook nyamperin, Jimin ngasi isyarat biar Jungkook angkat karung berasnya. “Ayo buruan rek, bunda ku wes nyari’i aku terus iki.” Taehyung yang bilang. “Nanti tak anter pulang kok Tae, sante ae wes lah. Nanti aku yang ngomong sama bundamu.” Kata Jimin sante. Mereka belanja hampir dua jam. Mulai dari belanja bahan makanan pokok, sampe keperluan buat anak SD dan sebagainya. Belanjaan mereka jadi berkardus-kardus, Jimin sampe pusing liatnya soalnya barang-barang ini bakal ditaruh

[FANFIC] Time Machine Chap 4 [END]

 Akhirnya selesai juga.... Happy read all.. :D Bagi yang belum baca Chapter sebelumnya... Ini Link nya: http://risaeverlastingfriends.blogspot.com/2013/10/fanfic-time-machine-chapter-1.html http://risaeverlastingfriends.blogspot.com/2013/10/fanfic-time-machine-chapter-2.html http://risaeverlastingfriends.blogspot.com/2013/11/fanfic-time-machine-chapter-3.html                 “Dia terus menangis memikirkanmu.”                 “Kau tau, dia sangat menyukaimu.”                 “Aku harap kau tak mebuatnya kecewa.”                 “Tapi kedatanganmu kesini adalah kesalahan besar.”                 “Dia sudah bilang, dia ingin ikut denganmu ke masa depan.”                 “Satu Oh Sehun, tujuanmu kesini untuk melindunginya. Bukan membuatnya menjadi debu.”                 Perkataan Jongin terus berputar di otak Sehun. Dia sudah tau, seakrang waktu yang tepat untuk pergi. Jiyoung harus tetap disana untuk hidup. Sehun tak ingin lagi menjadi masalah