Langsung ke konten utama

BTS (Bangtan Boys) GOES KKN - Survey Desa

BTS GOES KKN
Cast: BTS member
Genre: Humor, friendship, family
Lenght: Chapter
Summary: Dapatkah kita merindukan masa-masa KKN (Kuliah Kerja Nyata) ???





SURVEY DESA

                KKN kelompok BTS ini belum bisa akrab, ya maklum sih baru beberapa kali ketemu buat rapat. Mereka emang udah sering ketemu, tapi jarang yang sekelas. Kecuali Jimin sama Taehyung yang notabene emang selalu sekelas dari semester satu, ya kan mereka KRSan selalu bareng. Jadi pas rapat masih kerasa banget canggungnya, untuk mereka punya ketua yang bijaksana yang bisa menjadi penengah buat mereka.
                Gak jarang lo mereka beda pendapat selama rapat, apalagi musuh Jimin, dikit-dikit jangan, dikit-dikit gak mau. Kalo musuh si Suga sih enak, jawabannya pasti selalu “Terserah kalian aja, gue ngikut!” Alhamdulillah banget deh, Namjoon selalu bisa mengambil keputusan tanpa merugikan pihak-pihak tertentu.
                Hari itu hari minggu, dimana mereka janjian di kampus buat berangkat ke desa bareng-bareng. Survey desa nih, karena ini emang yang pertama jadi Namjoon udah ada di kampus jam 7 pagi. Kampus sepi banget, udah pagi-pagi, hari Minggu lagi. Namjoon nunggu temen-temennya sambil ngeliatin bapak-bapak yang lagi yapu-nyapu sambil bernyanyi dalam hati.
                “Wah, Korsun sudah ada disini. Rajin sekali ya pak!” Namjoon kaget, tiba-tiba ada suara keras banget sampe bikin kupingnya sakit. Heoseok nonggol dan sekarang udah duduk di sebelah Namjoon sambil senyum-senyum geje.
                “Oh Alamin. Iya ini, kita harus tepat waktu supaya pekerjaan jadinya juga maksimal.” Namjoon emang bijak banget, si Heoseok mah cuma manggut-manggut aja.
                Mereka berdua sibuk mainin hape masing-masing, sepi gak ada yang ngomong. Sampe akhirnya Heoseok ngomong sambil geleng-geleng kepala,
                “Astagfirullah, kasus macam apa lagi ini. Pedofil, maho. Benar-benar tidak sesuai dengan norma yang ada, benar kan Namjoon?”
                “Iya setuju. Benar-benar memalukan ya Alamin, aku benar-benar prihatin sama korban.” Namjoon pinter, jadi dia update sama berita-berita yang lagi IN. Cuma mancing dikit aja, pasti Namjoon langsung nyantol. Akhirnya mereka berdua berdiskusi tentang kasus tersebut. Tanpa terasa waktu sudah menunjukkan jam 8, mereka gak sadar. Bahkan waktu Jin udah datang bawa mobil, dan ternyata udah ada Suga di dalam sana.
                “Namjoon, ayo cepet masuk. Jimin sama yang lainnya udah nunggu di gerbang depan.” Jin teriak, Namjoon sama Heoseok yang lagi asyik tiba-tiba langsung loncat dan lari masuk ke dalam mobil Jin.
                “Yang lain dimana?” tanya Namjoon waktu udah masuk.
                “Di gerbang depan. Mereka juga bawa mobil.” Jelas Jin.
                Jin ngasi isyarat ke Jimin pas dia lewat, dan Jimin langsung melajukan mobilnya. Jimin nyetirnya hati-hati banget, kalem tapi pasti. Yang gak kalem yang ya dua orang lain yang ada di mobil Jimin, teriak-teriak sambil nyanyi-nyanyi macem anak TK yang diajak rekreasi.
                Setelah satu jam perjalanan akhirnya mereka sampe lokasi, jaraknya emang gak begitu jauh tapi keadaan jauh banget sama di Malang. Desanya tuh kerasa Desa banget, Jimin celingukan nyari toko, ya Allah sepanjang perjalanan mereka emang gak ngeliat toko. Ada sih tadi, tapi jaraknya jauh.
                “Ya Allah Tae, kok desa banget yo?” baru aja turun dari mobil Jimin udah ngeluh.
                “Yo jenenge KKN mas. Kalo pengen serba ada yo jenenge liburan!” (Ya namanya KKN mas, kalau mau serba ada ya namanya liburan)  itu Jungkook yang jawab.
                “Udah wes Jim, tiga minggu bentar kok. Nanti gak bakal kerasa, percoyo wes!” Taehyung sok-sokan, padahal dalam hati dia juga mikir, kenapa tempatnya kaya begini.
                Namjoon minta semuanya berkumpul, mereka bagi tugas. Jimin, Jungkook sama Suga cari tempat penginapan, Namjoon sama Taehyung nemuin pak Kasun, Jin sama Heoseok ke SD. Ada kesengajaan buat misahin Jimin sama Taehyung, kalo menurut Namjoon sih biar mereka semua bisa akrab, gitu.

Tim Pencari Tempat Penginapan

JM: Kita kita nyarinya gimana? Harusnya tanya Pak Kasun dulu. *ngomel-ngomel*
JK: Wes menengo tah mas, ayo di goleki disek! (Udah diem dulu dong mas, ayo kita cari dulu)
JM: Duh arek iki yaopo yo, kamu kayae kurang pengalaman dalam berorganisasi deh Wo. (Duh anak ini gimana ya, ...)
JK: Cuk, kurang berorganisasi jare. Wes mending golek omah seng gede disek, seng apik. Lumayan kan nek wonge gelem dinunuti. (Cuk, kurang berorganisasi katanya. Udah mending cari rumah yang gede dulu, yang bagus. Lumayan kalo orangnya mau kasi tumpangan)
SG: Njiiir, ngomong pake bahasa Indonesia napa lo pada. Gak ngerti gue! *swag*
JM: Hampir tiga tahun tinggal di Malang kok gak bisa bahasa Jawa kak.
SG: Gue bisanya cuma ngumpat.
JK: Age jal! *Suga ngeliat Jimin minta transletin*
JM: Coba gih kata Jungkook.
SG: Jancuk! *Penekanan yang pas*
JK: Gendeng cuk mas iki isok meso-meso geje. (Gila mas ini, ngumpat-numpat gak jelas) *sambil ketawa*
JM: Lah kon opo? Setengah hidupmu lo mbok buat ngomong cak-cuk cak-cuk terus! (Lah kamu apa?....)
SG: Guys, tuh ada rumah gede. Coba yuk! *Jungkook Jimin langsung senyum*
JM: Alhamdulillah ada rumah segede itu di desa kaya gini. Rejeki anak sholeh!

Tim Pak Kasun

TH: Bli, kok rumahnya sepi ya? *lompat-lompat depan pagar. Pengen tau gimana rumah pak kasun*
NJ: Sabar dulu Tae, sebentar lagi juga pasti dibukakan pintu. Dalam hidup, kita itu harus selalu sabar dan berusaha. *bijak*
TH: Iyo iyo wes. *errgghh* ASSALAMUALAIKUM! PAK KASUN ASSALAMUALAIKUM PAK! BAPAK KASUN! *Taehyung gak sabar. Dia ngencengin suaranya biar cepet dibukain pintu. Tau sendiri deh Taehyung hypernya kaya gimana.*
NJ: Ahmad Taehyung, kita harus sopan. Tunjukkan kalau kamu itu calon Sarjana Hukum yang baik. *benerin jaket sama rambut.* Assalamualaikum... *kalem*
TH: Yo gak denger tah, bli... *jambak rambut* ASSALAMUALAIKUM PAK KASUN, GAK JAWAB DOSA~
Kasun: WAALAIKUMSALAM, sebentar nak. *Taehyung senyum ke Namjoon*
Jegrek. Pintu dibuka. Pak Kasun nongol, bapaknya pake sarung sama baju kokoh, gak lupa pake peci juga. Mungkin selama KKN ini bisa membuat Kelompok BTS kembali ke jalan yang benar, dapet Pak Kasun yang keliatannya alim abis kaya gini.
NJ: Maaf bapak kami mengganggu, kami dari Universitas Bangtan yang akan melakukan KKN di desa ini, bapak.
Kasun: Oh iya-iya. Saya sudah nunggu-nunggu. Monggo nak, masuk dulu.
                Namjoon sama Taehyung masuk. Hmm. Lumayan lah, disana mereka dikasih teh sama jajanan. Tau aja Taehyung lagi lapar, jadi selama bertamu Taehyung hampir menghabiskan waktu sambil makan. Kalo Namjoon jangan ditanya, Namjoon menanyakan semua hal yang diperlukan kelompok. Gak ada yang kurang satupun. Maklum calon Presiden FH yang Ipk-nya selalu 4.
                Gak kerasa mereka ngobrol sambil bercanda-bercanda, terus terdengar kumandang adzan. Membuat mereka diam sejenak, mendengarkan panggilan paling indah di dunia. Hening banget Cuma kedenger suara adzan. Enak, adem, nyaman, sampe si Taehyung tiba-tiba nyeletuk.
“Kok suaranya gak asing ya?” Taehyung mikir keras, Namjoon jadi ikutan mikir. Semakin di denger tuh suara adzannya semakin akrab.
“Kok kaya suara mas Heoseok ya?” Taehyung bilang lagi.
“Ya sudah kalo gitu sholat dulu yuk di masjid. Masjidnya deket kok.” Pak Kasun ngajak Taehyung sama Namjoon buat sholat.

Tim SD

HS: Aigoo aigoo, adiknya lucu-lucu sekali.
J: Udah cepet ke ruang guru dulu.
Mereka langsung masuk ke ruang guru. Alhamdulillah bapak ibu gurunya baik-baik dan ramah-ramah. Apalagi liat Jin yang cakep, duuuh kaya dapet perlakuan khusus itu si Jin.
Mereka langsung mendiskusikan masalah ngajar, jadwal, dan jumlah murid SD itu. Muridnya gak begitu banyak, alhamdulillah jadi mereka gak kerepotan ngurusnya. Syukur banget deh, urusan ke SD itu gak begitu ribet dan susah. Jin sama Heoseok udah berhasil meng-deal-kan semua kegiatan bahkan sebelum jam setengah dua belas. Makasih deh sama Jin dan Heoseok yang emang pinter ngomong. Eh, kayanya semua anak Bangtan pinter ngomong deh. Ya Cuma ada satu yang hobbynya ngomong cak-cuk cak-cuk.
Anak SD: KAK KAK KAK, KKN YA? MAU NGAJAR DISINI YA? NANTI NGAJAR KELAS 3 YA KAK!
J: Iya, nanti tunggu kakaknya ya! Nanti kakak ngajar disini. Gak boleh nakal ya. *sambil nyalamin anak SD yang rebutan pengen salim ke Jin*
HS: Adik-adik nanti ada kakak yang lain juga mengajar. Tunggu ya adik-adik.
Anak SD: NANTI NGAJAR APA KAK? *anak SD emang kalo ngomong teriak. Gak nyante*
J: Nanti kakak ngajar semua. Tergantung jadwal pelajaran kalian. *senyum ganteng*
HS: Nanti pasti seru. Sekarang kakak pulang dulu ya. *terus nyeret Jin buat keluar dari SD*
J: Kita kemana ini? Yang lain pasti belum selesai.
HS: Cari masjid mas Jin. Heoseok belum sholat, mas Jin juga belum sholat kan.
J: Oh iya iya sholat. Eh itu masjidnya.
Masjidnya sepi, tapi ada penjaga masjid yang keliatan baru selesai wudhu.
HS&J: Assalamualaikum
Penjaga: Waalaikumsalam *curiga*
J: Dari Universitas Bangtan pak, mau KKN. *bapaknya cengo, gak paham. Untung Jin cepet nangkep*. Saking Universitas Bangtan pak, badhe KKN teng mriki. (Dari Universitas Bangtan pak, mau KKN disini)
Penjaga: Nggeh, monggo-monggo. (iya, mari-mari.)
HS: dekrema! (bahasa madura: gimana sih)
Heoseok sama Jin ambil wudhu. Ternyata bapaknya nunggu Jin sama Heoseok. Terus nyuruh salah satu dari mereka buat adzan. Bapaknya ngomong pake bahasa Jawa halus, jadi Jin harus translate buat Heoseok. Dan Heoseok calon Hakim Pengadilan Agama langsung bahagia diminta buat adzan.
HS: Nggeh bapak, sedoyo-sedoyo. (Iya bapak, semuanya-semuanya) *Jin ngakak! Bahasa Jawa Heoseok parah ngawur*
Dan akhirnya Heoseok adzan. Gak lama setelah itu Namjoon, Taehyung dan Pak Kasun berserta beberapa jamaah lainnya datang.
TH: LOH IYO KAN BENER MAS HEOSEOK YANG ADZAN! MAS HEOSEOK! KEDENGERAN MAS SAMPE RUMAH PAK KASUN! *Bahagia. Gak santai*
NJ: Taehyung, kita di masjid Tae.
TH: Hmm Bli Namjoon gak percaya sama Taehyung. Bener kan mas Heoseok yang adzan. Taehyung pancen peka. *bangga*
HS: Segera masuk dan jangan berteriak di dalam masjid, Taehyung... *wajah malaikat*
TH: IYA MAS, AKU UDAH WUDHU KOK.
J: Wes cepet Dek ojo rame ae! (Udah cepet dek jangan rame aja) *Taehyung langsung diem, pengen mewek.*


Tim Pencari Tempat Penginapan

Mereka asyik ngobrol sama pemilik rumah, rumahnya gede alhamdulillah tapi bukan rumah itu yang bakal mereka tempati. Tapi ada rumah kosong, yang kebetulan rumah Bapak pemilik rumah yang mau dibuat warisan. Rumahnya juga lumayanlah meskipun gak segede rumah utama, tapi bagus dan terawat, mewahlah buat bertujuh.Bapaknya juga ramah, jadi mereka betah ada disana. Udah ramah, tajir, ganteng lagi. Namanya Pak Haji Siwon. Sumpah deh bapaknya cakep banget.
Pas lagi bercanda-bercanda terus kedenger suara adzan. Mereka diam, lalu Jungkook, Jimin dan Suga berseru bersamaan, “HEOSEOK!”
SW: Kenapa nak? Gosok? Minta minyak gosok?
JM: Bukan pak, Heoseok, mas Heoseok. Teman kita juga, ini lagi adzan. Anaknya alim pak, mungkin bapak mau ambil mantu.
SW *ketawa ganteng*
SG: Iya pak, anaknya cakep, taat beribadah.
SW: Alhamdulillah. Kalau begitu ayo sholat dulu. Saya ambilin sarung ya!
Ketiganya cengo. Diem aja, bener deh diem.
SG: Njiiir, gue mau jama’ sholat gue sampe isya’ nanti.
JK: Aku yo mikir ngunu mau mas (aku juga mikir gitu tadi mas)
JM: Astagfirullah, ayo sholat dulu deh. Udah nemu bapak yang tajir nih, ntar gak jadi dipinjemi rumah kan repot.
JK: Muatre kon mas iki! (Matre banget mas ini)
JM: Lumayan pek iki gak bayar. Kamu mau a iuran aku tambah jadi dua juta? (Lumayan cuy ini gak bayar....) *ngotot*
JK: Yo biasa ae *ngambek*
SG: Njiiir ngomong pa’an. *swag*

Semua sudah sholat. Semua bahagia. Semoga pahala juga diterima. Akhirnya mereka pamit terus segera pulang ke Malang. Sebelum balik ke rumah masing-masing, mereka rapat kecil-kecilan dulu di kampus. Ngomongin masalah iuran.

JM: Aku tetep fix sejuta iurannya.
NJ: Iya ternyata gak perlu nambah. Bersyukur kita dapat rumah gratis, nanti kita tinggal buat kenang-kenangan buat Pak Siwon.
JM: Terus ayo rek, yang belum bayar iuran. Masik tak tunggu lo ya! *senyum manis tapi jahat*
HS: Aku masih belum ditransfer sama mamak aku, Jimin. Nanti ya, kalau sudah ditransfer langsung aku kasih ke kamu, Jimin.
JM: Ya mas, ntar Line yo!
SG: Gue transfer apa bayar tunai sekarang Jim?
JM: Emang tunai ada kak?
SG: Cuma lima ratus ribu sih. Udah deh ini gue bayar setengah dulu. Besok gue kasih sisanya ke lo di kelas ya.
JM: Emang kita besok sekelas kak?
TH: Sekelas Antropologi Hukum Jim. Lali a? (....lupa?)
SG: Anjiir lo Jim! *kzl*
JM: Oh iya. Maaf aaa kak. *kalem*
J: Aku udah lunas ya Jim.
JM: Sip mas!
NJ: Ya sudah, pokoknya nanti bayar langsung ke Jimin ya. Terus Jungkook, tolong kamu ke pepsodent ya. Proker kita ada tentang pentingnya gosok gigi, jadi mending kamu cepet-cepet dapet promo dari pepsodent. 

Krik-krik...

Loh?

JM: Nangndi arek iku? (Kemana anak itu?) *celingukan. Yang lain juga celingunan*
J: Yaelah, tidur anak itu! *Jin nunjuk pojokan. Jungkook lagi tertidur pulas dengan gantengnya.*
TH: WO JARWO BANGUN WO! *Jungkook tetep tidur*
HS: Jungkook, bangun Jungkook! *Gak ngaruh, Jungkook tetep tidur.*
JM: Wo ada kak AYU Wo. Ya Allah cantiknya.... *Jungkook seketika melek*
JK: Mana kak AYU? *celingukan*
Semuanya diam. Menatap Jungkook prihatin.
JK: Diapusi cuuuk! (Dibohongi cuk)

***

Kisah Taehyung

Pasti bakal bahas iuran nih. Taehyung lupa belum bilang ke Bundanya, mending sekarang bilang deh. Daripada mendadak pasti tambah dimarahin dia. Diem-diem pas rapat Taehyung kirim Line ke bundanya. Sebelum itu Taehyung sempet tanya ke Jimin.
“Jim, bayar terakhir kapan?”
“Lusa ya terakhir. Kecuali mas Heoseok karena emang orangtuanya super sibuk.” Kata Jimin.
Mati! Cepet-cepet deh Taehyung kirim Line ke Bundanya.







“Jim, aku kalo gak bisa bayar lusa gimana?” bisik-bisik ke Jimin.
“Sante ae lah Tae.” Jimin ikutan bisik-bisik.
“Lo katamu lusa terakhir.”
“Buat gertakan tok. Biar mereka bayarnya gak molor.” Jimin ngelirik Taehyung sambil tetep bisik-bisik, khawatir juga sama sohibnya satu itu. “Udah ngomong Ayah Bundamu belum?”
“Baru bilang, diomelin bunda aku.” Taehyung melas banget mukanya kalo kaya gini.
“Lah kamu kok baru bilang. Kok seneng banget diomelin bundamu!” Jimin ikutan ngomel.
“Lupa e. Sek tak bilang Ayah dulu.” Taehyung langsung kirim Line ke Ayahnya.




“Eh, kamu pinjem duitku dulu apa gimana? Balikinnya gampang!” Jimin bisik-bisik, khawatir yang lain denger.
“Gak, jangan. Ayahku wes bilang iya kok. Nih!” Taehyung ngasi hapenya lagi. Jimin manggut-manggut.
“Yo bagus wes.” Jimin balikin hapenya, “Kalo emang nanti kepepet gak ada bilango aku!”
“Iya iya, suwun yo.” (iya-iya, makasi ya). 

TBC....

A/N: Happy reading!!! 





Komentar

  1. ngiseng search fanfiction ttg kkn, eh ternyata nemu, dan ternyata bangtan castnya wkwk. jadi nostalgia kkn januari kemaren :') btw lanjut yha

    BalasHapus
  2. kak ceritanya lucu, ditunggu lanjutannya iya^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[REVIEW] TEORI BTS RUN MV - PART 1

Dengan ini saya memutuskan untuk mereview MV RUN BTS, yang memang dirasa cukup menggangu kehidupan sehari-hari dan dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan otak bila tidak segera ditangani oleh spesialis kejiwaan. Dengan ini saya resmi menyatakan review MV BTS DIMULAI! MV RUN BTS ini dibuka oleh V yang berdiri di suatu tempat, gelap hitam, dengan tema mirror yang pas V jatuh ke belakang tiba-tiba jadi air.    Byaaarrrr!!! Air! Itu V berdiri di air? Itu tempat apa? Itu mimpi? Eh tunggu, air! Iya AIR! Inget dong di prologue, si V terjun ke laut setelah usap ingus. Iya bener, jadi ini ada hubungannya? Bisa jadi, cuma yang di MV kaya lebih dari sudut pandang orang sakau gitu. Gak jelas itu tempat apa. Mungkin itu delulu atau semacam bayangan seseorang yang lagi coba bunuh diri terjun ke air. Mau gak mau pasti mikir pembukaan MV ini kelanjutan dari prologue yang notabene V main terjun-terjun aja k

BTS (Bangtan Boys) GOES KKN

BTS GOES KKN Cast: BTS member Genre: Humor, friendship, family Lenght: Chapter Summary: Dapatkah kita merindukan masa-masa KKN (Kuliah Kerja Nyata) ??? Jungkook's Love Story Jungkook - IU “HEH KOOKIE BAWAIN BERASNYA!” Jimin teriak-teriak, Jungkook yang lagi enak-enak liatin rak permen jadi langsung jalan aja nyamperin Jimin. Sumpah sekarang Jimin kaya mak-mak, teriak-teriak merintah-merintah seenaknya. Tapi Jungkook gak masalah sih, Jimin punya banyak duit soalnya. “Opo maneh mas?” Jungkook nyamperin, Jimin ngasi isyarat biar Jungkook angkat karung berasnya. “Ayo buruan rek, bunda ku wes nyari’i aku terus iki.” Taehyung yang bilang. “Nanti tak anter pulang kok Tae, sante ae wes lah. Nanti aku yang ngomong sama bundamu.” Kata Jimin sante. Mereka belanja hampir dua jam. Mulai dari belanja bahan makanan pokok, sampe keperluan buat anak SD dan sebagainya. Belanjaan mereka jadi berkardus-kardus, Jimin sampe pusing liatnya soalnya barang-barang ini bakal ditaruh

[FANFIC] Time Machine Chap 4 [END]

 Akhirnya selesai juga.... Happy read all.. :D Bagi yang belum baca Chapter sebelumnya... Ini Link nya: http://risaeverlastingfriends.blogspot.com/2013/10/fanfic-time-machine-chapter-1.html http://risaeverlastingfriends.blogspot.com/2013/10/fanfic-time-machine-chapter-2.html http://risaeverlastingfriends.blogspot.com/2013/11/fanfic-time-machine-chapter-3.html                 “Dia terus menangis memikirkanmu.”                 “Kau tau, dia sangat menyukaimu.”                 “Aku harap kau tak mebuatnya kecewa.”                 “Tapi kedatanganmu kesini adalah kesalahan besar.”                 “Dia sudah bilang, dia ingin ikut denganmu ke masa depan.”                 “Satu Oh Sehun, tujuanmu kesini untuk melindunginya. Bukan membuatnya menjadi debu.”                 Perkataan Jongin terus berputar di otak Sehun. Dia sudah tau, seakrang waktu yang tepat untuk pergi. Jiyoung harus tetap disana untuk hidup. Sehun tak ingin lagi menjadi masalah